Kamis, 22 Desember 2011

JAWABAN AGAMA-AGAMA ATAS PERSOALAN KEMANUSIAAN.


a)     Apakah Agama Itu ?
Agama adalah
ü  Secara etimologi, kata agama berasal dari bahasa sansakerta yang artinya adalah jalan untuk mencapai kebahagiaan.
ü  Bahasa sansakerta, agama artinya tidak kacau atau teratur, maksudnya agama adalah peraturan yang dapat membebaskan manusia dari kekacauan yang dihadapi dalam hidupnya, bahkan menjelang matinya.

Religi adalah
ü  Religi ( terikat ) maksudnya adalah setiap orang yang ber-religi adalah orang yang senantiasa merasa terikat dengan sesuatu yang dianggap suci.
ü  Religi ( berhati-hati) maksudnya adalah, bahwa orang yang ber-religi itu adalah orang yang senantiasa bersikap hati-hati dengan sesuatu yang dianggap suci.

Unsur-unsur agama dan religi
a.       Tata pengakuan atau kepercayaan terhadap adanya sesuatu yang agung.
b.      Tata hubungan atau tata penyembahan terhadap sesuatu yang agung itu dalam bentuk ritus, kultus dan pemujaan.
c.       Tata kaidah atau doktrin, sehingga muncul balasan berupa kebahagiaan bagi yang berbuat baik / jujur, dan kesengsaraan bagi yang berbuat buruk / jahat.
d.      Tata sikap terhadap kehidupan dunia.
Din adalah
Din ( dalam bahasa arab ) adalah patuh dan taat, undang-undang, peraturan dan hari kemudian, maksudnya adalah orang yang  ber-din ialah orang yang patuh dan taat terhadap peraturan dan undang-undang allah untuk mendapatkan kebahagiaan dihari kemudian.
Unsur-Unsur dalam Din
ü  Tata pengakuan terhadap adanya sesuatu yang agung dalam bentuk iman kepada allah.
ü  Tata hubungan terhadap seesuatu yang agung tersebut dalam bentuk ibadah kepada allah.
ü  Tata kaidah atau doktrin yang mengatur tata pengakuan dan tata penyembahan tersebut yang terdapat dalam Al-Quran dan sunah Nabi Muhammad SAW.
ü  Tata sikap terhadap dunia dalam bentuk taqwa, yakni mempergunakan dunia sebagai sarana untuk mencapai kebahgaian akhirat.

Agama, Religi, dan Din ( secara terminologi ) adalah suatu tata kepercayaan atas adanya yang aha agung di luar manusia, dan suatu tata penyembahan kepada yang agung yang agung tersebut, serta suatu taat kaidah yang mengatur hubungan manusia dengan manusai dan hubungan manusia dengan alam yang lain, sesuai dengan tata kepercayaan dan tata penyembahan tersebut. Definisi lain menyebutkan agama adalah sebuah sistem kepercayaan dan ritual yang mengikat orang-orang bersama-sama dalam sebuah kelompok sosial.
ü  Kelompok Sosial adalah
ü  Kepercayaan adalah keimanan pada sesuatu yang bersifat sakral ( sakral adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang dianggap luar biasa, supernatural, transenden, dan berada di luar atas apa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari ( berarti ukhrawi, suci, keramat, atau kudus ) ). Dipertahankan melalui praktik upacara, seremonial, dan kegiatan keagamaan yang diistilahkan sebagai ritual keagamaan.
ü  Ritual adalah pola kegiatan formal yang mengekspresikan secara simbolik seperangkat makna yang diyakini bersama ( bentuk ritual keagamaan dalam islam yakni mengucapkan syahadat, mendirikan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan puasa, dan menjalankan ibadah haji bagi yang mampu ). Pelaksanaan ritual seperti ini diyakini dapat membentuk kepribadian seorang muslim dan mampu membentuk ikatan sosial, bahwa kegiatan ritual ini bisa melahirkan rasa ikatan kebersamaan di antara umat ( contoh : makna ihram dalam haji ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar